Atas petunjuk dari kepala dinas Pendidikan Daerah dr. Lilly Lengkong, M.Kes., Harschel Najoan, ketua lembaga Pelita Klabat mewakili kabupaten Minahasa Utara bersama Adelaide Tewuh, S.Psi., mengikuti Pelatihan Calon Pelatih dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelatihan ini diikuti oleh 120 orang peserta dari berbagai kabupaten / kota se Indonesia yang masing-masing mengirim dua orang peserta. Pelatihan ini diadakan di hotel Aria Sentra, Surabaya mulai hari senin 20 Februari 2017 - jumat 24 Februari 2017.

Tugas utama dari para calon pelatih nanti adalah mengadakan bimbingan teknik (bimtek) sejenis di kabupaten/kota masing-masing untuk 42 sekolah pilihan yang selanjutnya mengadakan penguatan di0 sekolah-sekolah yang belum mengikuti bimtek. Para calon pelatih ini juga bersama dengan dinas pendidikan daerah akan membentuk kelompok kerja pendidikan keluarga di kabupaten / kota masing-masing.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk mensosialisasikan dan melatih sekolah-sekolah untuk memberikan pendidikan bagi orang tua dan membuat kemitraan dalam upaya memberikan pendidikan terpadu bagi anak didik sehingga melahirkan anak didik yang berprestasi dan bermoral tinggi.

Pada kegiatan pelatihan ini, selain mendapatkan materi-materi yang nantinya juga akan diberikan kepada para kepala sekolah, mitra pendidikan dan orang tua murid, para peserta juga mendapatkan tips-tips dan teknik-teknik pembelajaran. Setiap pagi para peserta juga mengikuti olah raga bersama sebelum mengikuti rutinitas di tempat pelathan.