·  Program Pengembangan
Setelah pada tahun 2016 membuka cabang di Airmadidi dan Wasian, maka pada awal tahun 2017 ini setelah melihat perkembangan dan minat masyarakat, maka direncanakan akan dibuka cabang baru yaitu :
Þ    Cabang Kauditan dengan menggunakan sebuah ruko di Kauditan. Direncanakan pada awal bulan Februari 2017 cabang baru ini sudah beroperasi.
Þ    Melebarkan sayap ke kabupaten Minahasa induk yaitu di Sonder dan Langowan dengan bekerja sama dengan warga setempat.
Þ    Melebarkan sayap ke kabupaten Minahasa Selatan yaitu di Amurang dengan bekerjasama dengan warga setempat.
Þ    Melebarkan sayap ke kota Bitung dengan bekerjasama dengan warga setempat.
Þ    Melebarkan sayap ke kota Tomohon dengan bekerjasama dengan warga setempat.

Saat ini peserta kursus dan pelatihan di Pelita Klabat selain berasal dari kabupaten Minahasa Utara, ada juga yang datang dari Tondano (Minahasa Induk), Kota Tomohon, Kota Btung dan Kota Manado. Saat ini di provinsi Sulawesi Utara dalam pengamatan kami hanya Pelita Klabat yang memiliki peserta kursus yang datang dari 5 Kabupaten / Kota di Sulawesi Utara. Pelita Klabat juga adalah satu-satunya lembaga pendidikan nonformal / informal di Kabupaten Minahasa Utara yang sekaligus menyelenggarakan lebih dari 5 bidang kursus/pelatihan dan sudah memeiliki Nomor Induk Lembaga.